Jejak Kota di Bebatuan di Kabupaten Jember


Ada jejak-jejak usia kota Jember di bebatuan. Pemerintah Kabupaten menetapkan usia kota ini berdasarkan staatsblad nomor 322 tentang Bestuurshervorming, Decen-tralisastie, Regentschappen Oost Java, milik pemerintah kolonial Belanda. Pengesahnya adalah Gubernur Jenderal De Graeff. Di situ disebutkan, status Jember ditingkatkan dari afdeeling menjadi regentschap, per 1 Januari 1929. Regentschap setara dengan kabupaten. Inilah yang kemudian dijadikan acuan tanggal lahir Jember.

Namun dari bebatuan tua, kita tahu Jember berusia lebih tua daripada usia yang ditetapkan Belanda. Di Jember, situs-situs kuno dan sebagian di antaranya purbakala terletak di tujuh kecamatan, yakni Tanggul, Gumukmas, Wuluhan, Sukowono, Arjasa, Jelbuk, dan Mayang. Sebagian situs sudah diselamatkan dan disimpan di kantor Dinas Pendidikan Jember. Namun masih banyak yang tersebar di sawah, lahan milik warga, dan bahkan halaman kantor desa.

Di Kecamatan Arjasa. Sedikitnya, ada 15 buah batu kenong yang ditanam dalam tanah. Batu kenong ini adalah peninggalan sejarah dari zaman batu akhir, yang ditandai batu-batu besar. Batu ini berfungsi sebagai persembahan terhadap arwah leluhur.Dari situs prasasti Congapan yang berada di Desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru, kita tahu kata:’tlah sanak pangilanku’yang artinya tahun 1088. Di Kitab Negara Kertagama, Jember adalah perlintasan turne (perjalanan) Hayam Wuruk ke daerah selatan. Kelurahan Mangli dulu juga kerajaan kecil dibawah Blambangan. Perang Sadeng yang termasyhur itu juga diperkirakan terjadi di daerah yang saat ini menjadi wilayah Kecamatan Balung. Di Balung hingga Kecamatan Semboro, ada temuan benteng tua. Jika ini menjadi acuan, maka usia Jember saat ini menca pai 923 tahun. Bandingkan dengan Surabaya yang berusia sekitar tujuh abad. Namun, tidak seperti Surabaya yang dipastikan tanggal berdirinya pada 31 Mei, masih sulit mengidentifikasi tanggal pasti lahirnya Jember. (*)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Purbakala 52

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Jember, Sejarah, Th. 2012 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Jejak Kota di Bebatuan di Kabupaten Jember

  1. irfan khoiri berkata:

    peran pemkab.jember dalam peneliatian prasasti yang ada kurang maksimal.untuk menemukan asal usul hari jadi jember….

  2. Posting an yang anda kirim kan sangat bain dan memberi kan wawasan tentang sebuah cerita…

    Oh iyya ini saya nitip cerita tentang karangbayat….
    Mau baca cerita mistisk di desa congapan Karangbayat

    https://Mau baca cerita mistisk di desa congapan Karangbayat

    https://karangbayat1998.blogspot.co.id/2017/12/mau-baca-cerita-mistisk-di-desa.html?m=1

Tinggalkan komentar