Museum Loka Jala Srana


-Mei 2010-
MUSEUM LOKA JALA SRANA
Jl. Bumi Mora Morakrembangan Surabaya
Phone: +62 31 3293321-26, 3298840, 3291092
Fax. : +62 31 3298076

 

Museum Loka Jala Srana berlokasi di Morokrembangan kompleks Angkatan Laut Indonesia (Surabaya Utara), sebelah Selatan pelabuhan. Ini adalah museum peralatan perang Angkatan Laut Indonesia, sebuah koleksi planetarium dan astronavigadium.

Semula, museum ini bernama AKABRI LAUT (19 September 1969), lalu museum TNI-AL (10 Juli 1973) dan berubah lagi menjadi Museum TNI-AL Loka Jala Srana (6 Oktober 1979).

Museum ini banyak menyimpan objek bersejarah yang dimiliki serta digunakan oleh TNI-AL selama revolusi fisik hingga sekarang. Antara lain meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, monumen KRI Dewa Ruci dan pertahanan udara serta benda bersejarah lain seperti meriam kapal “HRMS DE ZEVEN PROVINSIEN”. Adapula bangunan planetarium untuk melihat tata surya (astronomi), Bima Sakti.

Kompleks AL Indonesia ini juga menjadi pusat Akademi TNI-AL (AAL/Indonesia Maritime Marine Military Academy) yang mendidik calon-perwira TNI-AL tingkat Academy dan Commando, TNI-AL Education (KODIKAL) yang mendidik kandidat Tamtama, Bintara, calon perwira dari Bintara (CAPA) dan alumni perguruan tinggi serta pendidikan lanjutan heroik. Kompleks ini lebih dikenal sebagai “Bumi Moro”Surabaya.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : SURABAYA City guide,  Suara Surabaya Media, Edisi Mei 2010, hlm. 11 .

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Seni Budaya, Surabaya dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar