Batik Gunung Welirang


 

Batik gunung welirangMENINGKATKAN kualitas mahasiswa, IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur mengadakan pelatihan life skill dan entreprenuer batik untuk seluruh mahasiswa IAIN, pada 12 hingga 14 September 2013 lalu. 75 Mahasiswa berbagai fakultas mengikuti pelatihan yang diadakan di kaki gunung Welirang, Tretes Pasuruan dibimbing tim pemateri dari Diskop dan UMKM Jatim.

Hari pertama (12/9/2013), peserta diajarkan pengenalan teknologi tekstil modern. Pema­teri, Ir Azhar Prasetyo menerangkan sejarah batik dan teknologi pembuatannya. Malam harinya, peserta dikenalkan bermacam tehnik pembuatan batik oleh Yeti Chotimah M.Art. Alumnus Universitas Ninjin ini memaparkan tiga tehnik membatik, dari teknik tulis, cap, dan celup.

Esoknya (13/9/2013), peserta baru mempraktikkan tiga tehnik pembuatan batik. Peserta dibagi kelompok, masing-masing kelompok mengerjakan tek­nik berbeda. Peserta mengaku kesulitan menerapkan teknik pengerjaan batik namun tidak patah semangat.

Malam harinya, peserta kembali digempur dengan materi permodalan dalam berwirausaha. Arif Widayanto SE selaku pemateri memaparkan cara mendapatkan modal dan syarat peminjaman dari bank oleh en­trepreneur pemula.

Hari terakhir (14/9/2013) pe­serta mendapat materi pamung- kas, pemasaran yang efektif disampaikan Drs Lukman Ekana Putra, Psi. Msi. Ketua Asosiasi KKMB Bank Indonesia ini menuturkan, seorang entreprenuer harus memiliki rancangan strategi dan konsep yang matang agar orientasi mereka menjadi jelas dan apa yang ingin disasarnya tercapai.

Saat penutupan, rektorat membentuk komunitas alumni pelatihan dengan tujuan agar peserta bisa berkomunikasi untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh. Ke depanya cita-cita pembuatan batik khas IAIN Sunan Ampel, bisa terwujud. Sekaligus, peserta bisa menciptakan entreprenueren-trepreneur muda di bidang batik yang sukses. Semoga.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: MOH ISTIKROMUL UMAMIK : SURYA, Rabu-25 September 2013, hlm. 13

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Seni Budaya, Th. 2013 dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar