Gua Sigolo-golo, Kabupaten Jombang


Wisata Jawatimuran

Gua Sigolo-golo Wisata Alam Bernuansa  Metafisis

Wisata Jawatimuran gua-sigolo-gploGua Sigolo-golo terletak di Desa Sranten, Desa Panglungan, sekitar kilometer dari kota Kecamatan Wonosalam, Jombang. Untuk bisa sampai di sana bisa dicapai dengan mengendarai kendaraan, roda dua maupun empat. Menurut cerita yang berkembang, di dalam gua yang berukuran panjang sekitar meter dan lebar sekitar 10 meter lersebut, dulunya dijadikan sebagai tempat semedi oleh Patih Maudoro, seorang Patih dari Kerajaan Majapahit, yang juga ayah kandung Damar Wulan. Benarkah?

Kondisi alam di sekitamya memang cukup menan tang sekaligus mengasyikkan. Mengapa demikian? Karena sekitar 200 meter sebelum lokasi gua, pengunjung ‘diwajibkan’ berjalan kaki melalui jalan setapak yang berliku dan naik turun. Pada sisi kanan kirinya terdapat hamparan jurang nan terjal namun tidak tandus. Dan ketika sampai di sekitar gua pun, pengunjung harus melalui satu fase lagi yakni menuruni bebatuan yang sebetulnya berada tepat di atas gua. Jalannya masih alarm dan belum tersentuh tangan jahil. Hamparan…

Lihat pos aslinya 214 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar