Candi Minakjinggo, Kabupaten Mojokerto


Candi Minakjinggo Terletak di Dusun Unggah – Unggahan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan. Lokasinya disebelah timur Kolam Segaran, tidak jauh dari Kubur Panjang dan makam Putri Cempo.

Candi Minakjinggo merupakan satu – satunya situs di kawasan Trowulan yang terbuat dari batu adesit. Ditempat ini hanya tersisi bongkahan pondasi eandi. Sisa bangunan yang lain di simpan di Museum.

Nama candi berasal dari area raksasa bersayap yang oleh masyarakat disebut Minakjinggo. Menurut perkiraan arkeolog, diduga sebagai area Garuda. Tahun 1977 dilakukan penggalian pereobaan. Mulai tahun 2007 eandi ini direkontruksi dan diperkirakan akan selesai 2011.

 

Artikel dinukil Tim Pusaka Jawatimuran  dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Informasi Priwisata Kabupaten Mojokerto: DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MOJOKERTO, Juni 2011, Mojokerto, 2011.

 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Wisata, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Candi Minakjinggo, Kabupaten Mojokerto

  1. Ping balik: Candi Minakjinggo: candi batu andesit di Trowulan | MUSEUM DARING MAJAPAHIT

  2. Terimakasih atas info yang dibagikan admin. Saya mau tanya tentan candi Minak Jinggo. Kira-kira berapa meter dari Makam Panjang jauhnya ya?

Tinggalkan komentar