Sumber Air Panas Nganget, Kabupaten Tuban


Wisata Jawatimuran

Sumber Air Panas Nganget Kedung Jembe, Air Penyembuh WarisanPenderita Kusta.

sumber-air-panas-ngangetSumber air panas Kedung Jambe pernah digunakan untuk terapi penderita kusta. Saat ini banyak yang berendam di sana, sekedar berekreasi, maupun mengejar kesembuhan dari berbagai penyakit.

Meski hidung sumpung menghiasi wajah, serta jari-jari tangan yang tak utuh lagi, Pak Asan nampak ceria mandi berendam di sebuah kolam. Teguh, anak laki-lakinya, memain- mainkan air di sampingnya, menemani keceriaan sang ayah. Kulit bersih, organ tubuh sempurna, serta wajah tampan Teguh, membuat pemandangan yang sangat kontras antara bapak dan anak itu.

Pak Asan adalah salah satu dari ratusan mantan penderita kusta yang berdiam di Dusun Nganget, Desa Kedung Jambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa  Timur. Seperti namanya, kebetulan di dusun tersebut, terdapat sebuah mata air hangat yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, termasuk kusta. Kolam tempat Pak Asan dan putranya berendam, airnya berasal dari sumber tersebut. Ada dua kolam besar, masing- masing berukuran…

Lihat pos aslinya 644 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar