Nasi Ikan Wader, Kolam Segaran, Kabupaten Mojokerto


Wisata Jawatimuran

Di komplek situs Kerajaan Majapahit di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Di pinggiran jalan tak jauh dari situs Kolam Segaran, menjumpai berderet warung Ikan Wader Goreng. Lokasinya hanya sekitar 200 meter dari perempatan jalan raya Trowulan jurusan Mojokerto-Jombang, sangat mudah untuk menemukannya.

wader_segaranMenu yang disajikan Nasi Wader yang dengan sambal mentah, yang diracik di atas cobek tanah liat, terdiri dari campuran cabai merah, tomat, bawang merah, jeruk nipis dan trasi. Kemudian ditambahkan daun kemangi, sehingga kian terasa kelezatannya.

Namun dalam perkembangannya, para pedagang kemudian menambahkan menu-menu lain. Seperti sambal ikan belut, mujair, lele, udang, dan aneka botok. Pasti sangat menggoda selera bila menyantapnya di saat siang hari, sambil merasakannya dengan nasi putih hangat dan beberapa menu minuman es.

Cerita dari para pedagang tersebut, ikan-ikan wader mereka ambil dari dalam Kolam Segaran, peninggalan Kerajaan Majapahit.Ikan wader tersebut tidak bisa dibudidayakan dalam kolam tersebut. Sehingga para pedagang tersebut mencemaskan jika suatu…

Lihat pos aslinya 26 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar