Es Dawet Siwalan


USAI makan kare rajungan, jangan keburu beranjak. Nikmati dulu es dawet siwalan atau es legen yang siap mengusir dahaga. Air yang disadap dari buah siwalan itu tanpa dicampur gula sudah cukup manis dan nikmat. Minum es dawet siwalan atau es legen sekaligus sebagai penawar bila alergi terhadap rajungan. Hem, sungguh terasa sangat pas sekali bila dipakai untuk menemani menu rajungan.

Bahan baku es dawet siwalan tak sulit diperoleh di Paciran. Sebab, ketika melalui kawasan Paciran, di tepi jalur utama pantura atau jalan Raya Dendeles ini memang banyak dijumpai teduhnya pohon-pohon siwalan di sepanjang perjalanan. Semua produk dari buah siwalan dipetik langsung dari pohon siwalan yang tumbuh subur di sepanjang jalan raya Paciran. Es dawet siwalan bahannya dari buah siwalan segar yang dipotong kotak-kotak.

Untuk sirupnya, berasal dari air siwalan yang dimasak. Rasa manis yang dihasilkan tidak terlalu manis tapi cukup legit. Justru di sinilah letak sensasi rasanya. Buah siwalan yang manis, gurihnya santan kelapa berpadu dengan gula siwalan yang legit. Hmm…….. segar sekali, apalagi diminum saat terik matahari. Saking segarnya, gak terasa tambah terus…. Sueeegerrrr ryan

SAREKDA Jawa Timur /edisi: 012 / 2011

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Tuban, Wisata, Wisata Kuliner dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Es Dawet Siwalan

  1. ichank dungkek sumenep berkata:

    saya mau jual gula siwalan sebanyak 6ton, dg harga per kg rp. 10, maka langsung bs hbungi kmi, ke no 081935112950

Tinggalkan komentar