Makam Pangeran Purboyo, Kabupaten Tuban


Pada kompleks pemakaman umum di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, terdadapat salah satu makam yang sangat dikenal masyarakat dengan sebutan Makam Purboyo. Kompleks pemakaman itu sangat luas.

Pada salah satu bagian dari makam di desa Rengel tersebut, di sebelah sisi timur, berdekatan dengan aliran sungai Ngerong terdapat sebuah bangunan cungkup kuno yang ditengarai sebagai makam Pangeran Purboyo.

Masyarakat Rengel apabila ditanya tentang asal Pangeran Purboyo, ternyata banyak yang menjawab berasal dari Pajang. Sebagian lagi menjawab dari Mataram. Sebagian lagi menjawab tidak tahu. Siapa sebenarnya Pangeran Purboyo tersebut. Sultan Pajang I (Hadiwijoyo) yang berjuluk Jaka Tingkir (1546-1587) menikah dengan Ratu Mas Cempoko. Perkawinan mereka dikaruniai 11 putra:

  1. Kanjeng Ratu Hati Prabu (dimakamkan di Krapyak, Jogyakarta)
  2. Pangeran Mas Hadipati Pajang/ Panembahan Raden
  3. Pangeran Purboyo (dimakamkan di Rengel)
  4. Pangeran Pringgoboyo/ Kyai Nanggul (dimakamkan di Jegulo, Soko)
  5. Pangeran Kusumoyudho/ Kyai Abdul Jabar (dimakamkan di Singgahan)
  6. Pangeran Joyokusumo / Kyai Sambu (dimakamkan di Lasem, Rembang)
  7. Pangeran Pringgokusumo/ Kyai Mojo (dimakamkan di Mojo, Soko)
  8. Pangeran Sendang Kusumo/ Kyai Nambi (dimakamkan di puncak pegunungan Maibit, Rengel)
  9. Pengeran Pringgodani/ Kyai Karangkali (dimakamkan di Karangkali, Soko)
  10. Pangeran Selomanik (dimakamkan di Cirebon)
  11. Pangeran Wisoyo/ Kyai Ngisa (dimakamkan di Pucangan, Montong).
  12. Pangeran Wisoyo/Kyai Ngisa berputra Kyai Mohammad Isa (Mbah Muso) dimakamkan di Logawe, SAWahan, Rengel, Tuban. Mohammad Isa berputra: R. Sungkani/R. Sumodiharjo (Mbah Sumo) dimakamkan di tanah perdikan, Logawe, Sawahan, Rengel, Tuban.

TUBAN BUMI WALI; The spirit of harmoni, Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban, 2013, hlm.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Th. 2013, Tuban, Wisata, Wisata Relegi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Makam Pangeran Purboyo, Kabupaten Tuban

  1. alibin mujib berkata:

    ‘perkawinan jaka tingkir dan ratumas cempaka dikaruniai 11 putra’ salah satunya p. Kusumoyudho/ syeh abdul jabbar, padahal di sejarah ttg mbah jabbar anda jg menulis bahwa beliau termasuk cucu jaka tingkir, mohon kalau menulis sejarah khususnya nasab/silsilah tokoh harus bersumber dari data yg valid dan disertakan keterangannya supaya tidak rancu dan berselisih satu sama lain. Wassalam

  2. andika pratama berkata:

    Pangeran Pringgoboyo itu siapa ?
    Muridnya Siti Jenar namanya juga Ki Pringgoboyo. Makamnya ada di Jawa Tengah, di Lamongan juga ada. Semua masih kontroversi.

  3. Sarwo Edi berkata:

    Assalamu’Alaikum Wr.Wb…
    Salam kenal sebelumnya
    Mohon maaf sebelumnya..Saya mau menanyakan penjelasan ttg anak turun dari Mas Karebet/Jaka Tingkir. Selama ini yg saya ketahui dari sumber2 yang ada Mas Karebet memiliki putra hanya Pangeran Banowo dan 1 anak angkat lainnya. Akan tetapi ditulisan anda mengatakan Jaka Tingkir memiliki 11 putra, salah satu diantaranya Pangeran Wisoyo yg selanjutnya menurunkan Mbah Musa Lohgawe. Disitu malah tdk menyebutkan Pangeran Banowo sebagai anak turun Jaka Tingkir.
    Tujuan saya hanya menggali kebenaran informasi yg lebih dalam lagi karena kebetulan Mbah Musa Lohgawe adalah leluhur saya dari jalur Ibu saya.
    Terima kasih sebelumnya

Tinggalkan komentar