Air Blukutuk, Kabupaten Bojonegoro


Wisata Jawatimuran

Selain terdapat sumber api abadi, disekitar lokasi juga terdapat semburan air bercampur lumpur yang mengandung belerang. Sumber mata air ini kelihatan panas jika dilihat tapi dingin jika disentuh, sehingga yang biasa disebut masyarakat sebagai air blukuthuk, karena menyerupai air mendidih.

Aroma belerang tersebar begitu menyengat jika kita mendekat ke sumber air hangat ini. Namun air semburan tidak membahayakan masyarakat maupun daerah yang berada disekitar lokasi. Menurut juru kunci Kayangan api, Pak Juli. dulunya tempat ini merupakan tempat Empu Kriyo Kusuma mencelupkan kerisnya yang telah selesai dipanaskan.

Oleh Masyarakat sekitar maupun pengunjung air belerang tersebut juga dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit bahkan dianggap membawa berkah. Karena selain dapat mengobati penyakit juga dianggap dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang datang untuk memintanya.

Selain meminta kesembuhan dari air blukuthuk, masyakarat yang datang juga dapat melakukan tirakat dengan bertapa di dekat lokasi api abadi. “Karena tempat tersebut diyakini juga oleh masyarakat setempat dijaga oleh…

Lihat pos aslinya 43 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar