Rumah Sakit Darmo,Surabaya


Rebut Peluang, Kembangkan DCC

Secara fisik, RS Darmo sangat mengagumkan. Bangunan arsitektur heritagenya tetap terjaga, taman dengan tetumbuhan hijaunya tetap asri dan menyejukkan.

RS DARMOTak heran pula bila pada April 2010 lalu, rumah sakityang dibangun pada 1919 ini menjadi salah satu wakil Indonesia dari Jawa Timur ke seleksi internasional dalam ajang 2010 Unesco Asia Pasific Heritage Awards for Cultural Heritage Conservation di Bangkok.

Tak hanya bangunan arsitektur yang membanggakan, RS Darmo juga terus berupaya meningkatkan profesionalisme demi memuaskan pelanggannya. Sejak 2009 lalu dilakukan penandatanganan kerjasama dengan FK Unair, RSUD Dr. Soetomo dan beberapa pihak lainnya, terutama untuk ketersediaan dokter-dokter spesialis.

Semakin ke depan, RS Darmo pun makin mantap dalam menjaga kualitas dan pelayanan kepada masyarakat.’Tahun ini, RS Darmo mengembangkan berbagai layanan unggulan, terutama untuk operasi penanganan masalah ginjal (Kidney Center), Endoscopy dan Radiotherapy,”terang Laksma TNI (Purn) Imam Soewono, dr., SpPD, Direktur RS Darmo.

Beberapa layanan untuk bidang nephrology dan urology, bisa ditemukan di RS Darmo. Sedang untuk keperluan cuci darah (hemodialisis), RS Darmo akan melengkapinya menjadi 15 alat dari 7 mesin yang ada sekarang.

Untuk tindakan bedah urology pun, RS Darmo bisa menjadi rujukan utama sebab memiliki dokter ahli dan peralatan lengkap seperti tindakan PNL, ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) dan GLL (Green Light Laser).Teknologi GLL untuk menangani pembesaran prostat ini bisa ditemukan di RS Darmo.

Sementara untuk tindakan endoscopy, RS Darmo bisa memberikan pelayanan berupa Arthroscopy (persendian), Laparoscopy Endoscopy untuk penanganan berbagai kasus secara minimal invasif. Bahkan dengan teknologi ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography) yang menggunakan alat dengan cara melewati mulut hingga mencapai titik penyakit yang hendak dilakukan penanganan.

Teknologi ERCP ini pun masih sangat terbatas di Surabaya. Penanganan bedah menggunakan teknologi ini bisa

ditangani oleh RS Darmo dengan dukungan dokter spesialis yang sudah mumpuni dan team work yang terbangun rapi. Dengan kelengkapan itu, RS Darmo telah melaksanakan akreditasi 16 pelayanan.

Selain itu, RS Darmo juga tengah menyiapkan sebuah layanan baru khusus untuk tumbuh kembang anak, yang dikenal dengan DCC (Darmo Children’s Center). Di dalamnya terdapat layananan menyangkut tindakan preventif atau pencegahan mulai si ibu hamil dan bayi agar tetap sehat. Selain itu juga melakukan kegiatan promotive dengan mengadakan seminar, talkshow di media, dan semacamnya.

Setiap peluang bagi RS Darmo sangatlah berarti. Ke depan, masih minimnya tindakan penanganan seputar radiografi di Surabaya, akan disambut dengan rencana besar RS Darmo untuk melengkapi fasilitas layanannya di bidang ini.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SURABAYA CITY GUIDE FREE MAGZ, NOPEMBER 2013, hlm. 21

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Beranda, Surabaya, Th. 2013 dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s