Gado-Gado Lontong Kikil Jarakan, Kabupaten Nganjuk


Wisata Jawatimuran

Siapa sih yang tak suka gado-gado? Menu vegetarian ini termasuk salah satu menu favorit. Tapi kalau mau mencari gado-gado yang enak di Nganjuk, dimana ya? Biasanya beberapa penjual gado-gado hanya menyediakan jenis sayuran tertentu yang menjadi bagian dari gado-gado. Kalau ada yang sedang tidak musim atau sulit mendapatkannya, jadinya gado-gado terasa kurang lengkap menunya.

Nah, tapi buat Bu Yuniningsih alias Yuni yang namanya gado-gado ya harus komplit. Sebut saja seperti irisan kentang, kacang panjang, mentimun, kubis (kol) rebus, taoge, tahu, tempe, tomat, wortel dan selada. Lalapan daun selada inilah yang membedakan gado-gado Bu Yuni dengan gado-gado yang lain. Selain sayuran tentu saja masih ditambah irisan telur ayam rebus separuh bagian dan tak ketinggalan adalah beberapa iris lontong.

Gado-gado ala Bu Yuni memang bernuansa Surabaya. Ya, karena ia memang lama menetap di Kota Pahlawan meski ia sendiri asli penduduk Jarakan, Kramat, Nganjuk. Keahliannya memasak sedikit banyak dipengaruhi oleh suaminya yang dulu…

Lihat pos aslinya 405 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar