Keinginan shopping saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di dunia. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perdagangan yang semakin pesat dimana dampak keinginan manusia, yang ingin memenuhi kebutuhan.
Belanja sudah tidak memandang strata ekonomi kehidupan masyarakat. Munculnya pusat-pusat pebelanjaan baik modern maupun tradisional semakin menjamur, bak cendawan dimusim penghujan. Terutama di Surabaya, sebagai kota metropolitan yang mobilitas masyarakatnya relatif tinggi. Misalnya pasar, toko, plasa, mall, bulevard shop dengan segala bentuk dan jenisnya.
Bahkan untuk memanjakan pengunjung, bangunan perbelanjaan (plaza atau mall) dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti swimming pool, water park, fitnes/aerobic, play ground. Kalau perlu pihak manajemen menyelenggarakan event-event dan pameran yang menarik bagi pengunjung.
Kompetisi memenuhi selera wisatawan terus dilakukan dengan upaya memberikan doorprise, hadiah kejutan termasuk dengan memberikan “club card” belanja. Obral diskon dilakukan meskipun barang yang ditawarkan kadang-kadang ketinggalan mode.
Negara-negara di dunia, “Shopping” sudah menjadi target utama dalam menarik wisatawan yang datang. Kalau dahulu…
Lihat pos aslinya 209 kata lagi