Kampung Ndersmo, Kawasan Pesantren Tua Surabaya


Membaca Qur’an di Kampung Ndersmo
Keseharian santri di kawasan pesantren tua Surabaya

Dari pintu gerbang kayu pondok pesantren kawasan Sidosermo, Surabaya, menyeruak belasan remaja dengan peci putih membawa kitab di dada. Pelajaran ngaji pagi itu berakhir saat matahari tak lagi hangat. Kekhusyukan ngaji berganti kesibukan mencuci dan membersihkan kamar.

Kampung Ndresmo, sebutan Suroboyoan untuk Sidosermo, hingga kini masih dikenal sebagai kampung pesantren sejak didirikan oleh Mas Sayyid Ali Akbar, tokoh agama asal Cirebon, sekitar 400 tahun lalu. Kini, tak kurang dari 20 pondok pesantren kecil dan besar bertebaran di perkampungan padat ini. Satu diantaranya adalah Pondok Pesantren At-Tauhid. Di sini, santri tidak saja belajar mengaji, namun juga punya kesempatan mendapatkan pendidikan umum di sekolah yang disediakan pengelola pondok.

Akses informasi ke dalam pondok pesantren juga beragam. Santri tidak saja fasih membaca kitab, namun juga membaca koran dan komik di waktu senggang. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia tak lagi berkutat pada kajian agama secara tradisional, pemahaman ilmu pengetahuan dan bahasa asing pun akan jadi bekal para santri untuk berdakwah nanti. mi naskah/foto : m ismuntoro

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Mossaik, Oktober 2005, Surabaya, 2005, hlm. 12.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Surabaya, Wisata Relegi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kampung Ndersmo, Kawasan Pesantren Tua Surabaya

  1. Gading Aurizki berkata:

    Assalamualaikum

    Saya Gading dari penerbit Pustaka Saga. Kami berencana menerbitkan sebuah buku berjudul “Puasa dan Transformasi Sosial”. Untuk buku tersebut kami tertarik menggunakan foto Santri Ndresmo di halaman ini sebagai kover. Bagaimana prosedur perizinannya?

  2. Gading Ekapuja Aurizki berkata:

    Kepada
    Yth. Redaksi Pusaka Jawatimuran

    Dengan Hormat,
    Kami dari penerbit Pustaka Saga ingin menerbitkan buku berjudul “Puasa dan Transformasi Sosial”. Untuk itu, kami tertarik menjadikan foto dalam halaman ini (anak mengaji) sebagai kover. Bagaimana prosedur untuk meminta izin hak cipta? Terima kasih.

    Gading Ekapuja Aurizki
    Redaksi Pustaka Saga
    geaurizki@gmail.com
    085648679244
    Jl. Gubeng Kertajaya VI No. 12 Surabaya (kantor)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s