Situs Kubur Panjang


Peninggalan bersejarah ini berupa makam yang letaknya tidak jauh dari Makam Putri Campa, sekitar 100 meter ke arah timur. Tepatnya di Dusun Unggah-unggahan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Makam ini bahan bangunannya terbuat dari batu gilang dengan berukuran panjang 50 cm, sedangkan lebarnya 35 cm, serta ketebalannya 10 cm.  Situs tersebut berangka tahun 1230 Saka atau 1281 Masehi.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1900 M. Pada batu tersebut terdapat tulisan berhuruf jawa kuno berikut angka tahun yang berbunyi: “Pangadegning Bodii 1203”, yang artinya pada tahun 1203 Saka (sebelum Majapahit) terdapat peristiwa penanaman pohon Bodhii atau beringin.

Seperti makam kuno lainnya, kubur panjang sering dikunjungi peziarah terutama pada malam jumat kliwon.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel dinukil Tim Pusaka Jawatimuran  dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Informasi Priwisata Kabupaten Mojokerto: DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MOJOKERTO, Juni 2011, Mojokerto, 2011. hlm. 18

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Mojokerto, Sejarah, Wisata Relegi, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Situs Kubur Panjang

  1. Ping balik: Makam Panjang | MUSEUM DARING MAJAPAHIT

Tinggalkan komentar