Keripik Apel dari Malang/Batu


Wisata Jawatimuran

Kini, telah tersedia hasil olahan dari buah apel Malang/Batu, mulai sari buah, cuka, jenang, brem, selai dan keripik. Jadi, makin banyak pilihan untuk dijadikan buah tangan.

serba-apel002Apel di Batu bisa dipanen sepanjang tahun. Tiba masa panen apel tidak dapat bertahan lama. Untuk mensiasatinya tentu perlu cara, seperti yang dilakukan Pak Tono, seorang pemilik toko oleh-oleh di Jalan Raya Beji yang memproduksi keripik apel.

Tono menuturkan ide awal membuat keripik apel karena melihat hasil panen apel yang berlimpah, karena merasa sayang jika dibiarkan membusuk ia mencoba untuk mengawetkan buah apel dengan cara mengolah menjadi keripik.

Caranya terbilang sederhana, apel tersebut diiris tipis-tipis lalu dipanggang dalam oven, sebelum akhirnya digoreng dalam minyak yang banyak. “Ini yang membuat apel garing dan terasa renyah,” jelasnya.

Jika dahulu ia hanya memanfaatkan dari hasil panen yang berlimbah sekrang Tono mengaku  kelabakan meneari pasokan apel, sebab permintaan konsumen terhadap keripik apel semakin banyak. “Kalau bukan pas musim…

Lihat pos aslinya 49 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Batu, Malang, Malang [Kota], Th. 2005 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar