Pasar Bong, Surabaya


Wisata Jawatimuran

Pasar Bong, Pusat Souvenir Haji di Surabaya

Arsip 001Pulang menunaikan ibadah haji dengan membawa oleh-oleh dari Tanah Suci untuk dibagikan kepada kerabat dan tetangga seolah sudah menjadi kewajiban. Ibaratnya, pulang haji tanpa membawa oleh-oleh terasa hambar. Tasbih, minyak wangi, air zain-zam, kacang arab, pacar (pengecat kuku)  kerudung, menjadi oleh-oleh wajib bagi jamaah haji sepulang dari Tanah Suci.

KEINGINAN membawa oleh-oleh dari Tanah Suci memang besar, tetapi untuk membawa langsung dari Tanah Suci terkendala beban bawaan. Bagai buah simalakama memang. Tetapi banyak jamaah haji yang menyiasati dengan membeli souvenir haji di Tanah Air. Banyak tersedia pasar dan toko yang menyediakan oleh-oleh serupa.

Arsip 002Di Surabaya, terdapat pasar yang dikenal sebagai pusat oleh-oleh haji, yaitu Pasar Bong. Pasar ini berada di Jalan Slompretan, atau sisi kanan atau sebelah selatan Jalan Kembang Jepun. Pasar ini berada di lokasi yang strategis, yaitu di kawasan niaga Kembang Jepun dan juga tidak jauh dari Makam Sunan Ampel dan Jembatan…

Lihat pos aslinya 752 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar