Tari Reng Majang


Tari Reng Majang artinya tari nelayan, banyak jenis tari yang berasal dari Madura. Tari Reng Majang salah satu tari daerah yang sudah tersohor dan banyak disukai. Tari Reng Majeng atau Tari Nelayan ini lebih dikenal dengan sebutan Tari Ole Olang, karena tarian ini diiringi sebuah lagu berjudul Ole Olang. Tari ini menggambarkan kehidupan para nelayan yang bekerja di tengah laut mencari ikan.

Betapa gigihnya para nelayan di daerah Madura, tak peduli ombak besar menerjang, namun para nelayan  tetap menjalankan kewajibannya, ombak bagi mereka bagaikan bantal saja layaknya, dan angin sebagai selimutnya, Para nelayan tak gentar oleh ombak serta riuhnya angin yang sewaktu-waktu dapat menggulingkan perahu mereka.

Tarian ini enak dinikmati serta merupakan tarian yang sederhana sehingga tidak sulit untuk dipelajari. Oleh sebab itu tidak mengherankan kalau banyak yang menyukainya. Tarian ini menampilkan  gerakan yang lincah dan sangat menawan.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Adat tradisi JawaTimur. Departeman pendidikan Kebudayaan , Jakarta.1978. 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Madura, Seni Budaya dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar