Cak Kancil, Ludruk RRI Surabaya


3 Pebruari 1943, di Jombang Lahir  Muhamad Sidik, Yang akhirnya lebih dikenal dengan panggilan akrab Kancil Sutikno,  pelawak ludruk RRI Surabaya. Pendidikan SMP. Cak Kancil  adalah sosok seniman yang konsisten pada jalur tradisional, yaitu ludruk. Bersama kuartet, Cak Kancil, bersama Markaban, Markuat dan Muali, Setelah Markaban meninggal, posisinya digantikan Agus Kuprit dan Momon.

awal 1980-an, Kancil menjadi bintang tamu dalam dua kali rekaman kaset Kartolo cs, yakni Sopir Lori dan Ratune Iwak. Kartolo dan Kancil pernah juga pentas bersama di Malang dalam lakon Sarip Tambak Oso.

Tahun 1981-1983, Cak Kancil sebagai komandan ludruk RRI Surabaya.

Tahun 1989-1998, Cak Kancil kembali mengomandani ludruk RRI Surabaya.

Selasa, 17 April 2012 di rumahnya, Dusun Bandut, Desa Drancang Kecamatan Menganti Gresik,. Cak Kancil meninggal akibat komplikasi penyakit yang telah diderita sejak lama. Meninggalkan tiga orang putri dari dua kali pernikahannya. Prety Estiningsih anak sulung, Luluk, anak kedua.

Juni  2012,  Bertepatan dengan Peringatan HUT Surabaya ke 719, (alm) Cak Kancil mendapatkan penghargaan sebagai Seniman Ludruk Surabaya. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini kepada perwakilan keluarga Cak Kancil, di Taman Surya, Sabtu (02/06).

Surabaya sangat kehilangan sosok seniman yang terus membudayakan ludruk.“Atas jasa – jasanya yang terus diberikan kepada seni ludruk Surabaya dari tahun 80-an sampai akhir hayatnya, maka pantas diberikan penghargaan ikepada beliau. dengan harapan generasi penerus senantiasa meniru Cak Kancil untuk tetap membudayakan Seni Ludruk.Jawa Timur harus bangga mempunyai Ludruk kesenian khas Surabaya. @renny

http://brangwetan.wordpress.com

 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Surabaya, Th. 2012, Tokoh dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Cak Kancil, Ludruk RRI Surabaya

  1. sigit berkata:

    Selamat Jalan Cak Kancil, semoga diampuni segala dosa dan diterima di sisi-NYA. Amin. Semangatmu melestarikan kesenian tradisional ludruk mudah-mudahan bisa dilanjutkan generasi muda. Semoga.

  2. Ping balik: Jual Gelang Jkt48 Daerah Surabaya - Gelang Wanita Murah

  3. siswono berkata:

    Aku nang lampung yok opo carane iso mekakno klompok sampean kabeh rene lampung tengah kayupalis waypengubuhan

Tinggalkan komentar