Inul Daratista, Kabupaten Pasuruan


21 Januari 1979, Ainur Rokhimah lahir di Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Selanjutnya dikenal dengan nama Artisnya Inul Daratista, sulung dari 6 bersaudara dilahrkan dari pasangan Ayah bernama Abdullah Aman, dan ibunya bernama Rufia.

SMA 2 – Japanan – Pasuruan – Jawa Timur

Inul Daratista memulai karier panggungnya sebagai penyanyi dangdut di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Aksi panggungnya direkam dalam video  dan diperbanyak dalam format VCD.  Tanpa sengaja hal ini membuat nama Inul mulai dikenal dan terkenal, jadwal manggungnya terisi padat. Sejumlah televisi pun berebutan untuk menampilkan. Inul seorang penyanyi dangdut Indonesia dengan julukan si goyang ngebor “Ratu Ngebor”

Inul juga memiliki bisnis karaoke, Inul Vizta. Bisnisnya yang memiliki beberapa cabang ini, sempat mendapat masalah. Andar Situmorang menggugatnya karena dianggap melanggar masalah hak cipta.

Tahun 1994, Adam dan Inul menikah, saat itu Inul baru berusia 16 tahun dan duduk di kelas satu SMA, sedangkan Adam 5 tahun lebih tua. Bagi Inul, Kisah cinta Inul dan Suminharto atau Adam Suseno bermula di masih bangku SMP.

Tahun 2000/2001, De Bronnen van de Liefde” — BELANDUT / Dangdut Bule – Belanda.

Mei 2003, Menjelang perilisan album perdananya, Rhoma dengan mengatas-namakan organisasi PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia), menentang peredaran album Goyang Inul yang dirilis Blackboard, goyangan Inul dianggap merendahkan pamor musik dangdut. sikap Rhoma ini menimbulkan pro-kontra.

5 Juli 2003, merilis album “Goyang Inul”. Blackboard (Kaset, CD dan VCD – launched)

Tahun 2004, merilis album “Separuh Nafas”.

Juni 2009, kasusnya dimenangkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Selanjutnya giliran Inul yang memperkarakan Andar ke pihak berwajib. Kali ini Andar dilaporkan Inul atas tuduhan membuat laporan palsu.

Tahun 2009, Inul hamil melalui program bayi tabung, sebab Pernikahan Inul bersama Adam Suseno selama 13 tahun belum juga membuahkan anak.

19 Mei 2009 pada pukul 21.29, Inul berhasil melahirkan anak pertamanya secara caesar. Bayi perdana ini diberi nama Yusuf Ivander Damares.

Januari 2006, kembali Rhoma di depan anggota DPR mengeluarkan pernyataan menentang aksi panggung Inul, dalam dengar pendapat pembahasan RUU Antipornografi antara DPR dan kalangan artis.

April 2006, Inul kembali membuat kontroversi karena mengeluarkan pernyataan di media masa bahwa dia ingin berpose bugil di majalah Playboy edisi Indonesia.

Tahun 2006, merilis album “Mau Dong” serta album “Ash-Sholaatu”.

November 2007, terdapat patung Inul di depan rumahnya. Patung Inul setinggi 2,5 meter lengkap dengan pondasi kotak serta lampu sorot itu berwarna emas. Plakat hitam bertuliskan “Sumbangan dari Inul Daratista” tampak menghias bungkusan patung itu. Inul menyumbangkan patung dirinya untuk menghiasi jalan yang telah dipenuhi patung lainnya.

13 November 2007, Patung Inul rencananya akan diresmikan. Tetapi akhirnya, Patung Inul dibongkar  dan diamankan Ketua RT setempat.

Tahun 2008, merilis album “Rasain Lho”.

Inul Daratista biographyTahun 2012, merilis album “Buaya Buntung”.

Tahun 2008, berperan pada film “Cinta Setaman”.

Selain berperan di film, Inum juga berperan di sinetron antara lain Kenapa Harus Inul?; Gara-Gara Inul; Hikayah (Eps.Susuk Pemikat Si Penari Jaipong) serta Hikayah {Eps.Penyanyi Dangdut Banting Setir Jadi Pembantu}.

Inul juga sempat membintangi beberapa iklan, seperti Sakatonik Grenk dan Mie Burung Dara.

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Pasuruan, Seniman, Sosok, Th. 2008 dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s