Maia Estianty, Surabaya


2maia_estianty7 Januari 1977, Maia Estianty lahir di Surabaya, Jawa Timur,  ayah Maia Ir. Harjono Sigit BS mantan Rektor ITS, dan merupakan cucu dari HOS Tjokroaminoto.

Pendidikan formal yang di tempuh Maia di SDK John Gabriel, SMPN 1 Sby, SMAN 2 Sby dan selanjutnya di Universitas Indonesia jurusan Sastra Belanda ’94, Universitas Indonesia jurusan Komunikasi angkatan 95.

Tahun 1991- an, Maia sebagai Rapper dan DJ ketika masih SMA, serta memiliki grup band yang namanya SMADA Power Band.  Ketika Dhani di grup band Dewa 19, Maia Estianty menjadi seorang penyiar Radio di Strato, saat itulah terjalin hubungan cinta mereka. Namun hubungan mereka tak direstui oleh keluarga Maia, khawatir seorang musisi tak bisa membahagiakan istrinya. Dehingga mereka berdua sering bertemu secara sembunyi-sembunyi.

Tahun 1996, Maia menikah dengan Dhani hingga mendapatkan keturunan tiga putra Al (Muhammad Ahmad Al Gazali), El (Muhammad El Jalaluddin Rumi), Dan Dul (Muhammad Abdul Qodir Jaelani).

Tahun 2003, Maia membentuk grup musik duo yang bernama Ratu bersama Pinkan Mambo. album pertama mereka yang bertitel “Bersama” dengan single andalan “Aku Baik-Baik Saja”, “Salahkah Aku Terlalu Mencintaimu”, dan “Jangan Bilang Siapa-Siapa”. Namun Tidak lama, Pinkan keluar dari Ratu.

Tahun 2005, mendapatkan Mulan Kwok (Mulan Jameela) sebagai vokalis barunya. Bersama Mulan, Maia merilis album kompilasi pertama bertajuk “Ratu & Friends” dengan single “Teman Tapi Mesra” dan “Di Dadaku Ada Kamu.” Album ini sukses di pasaran dengan penjualan 400 ribu kopi. Di tahun ini pula Maia mulai membintangi product iklan beberapa di antaranya, kontrak untuk membintangi sebuah iklan rambut, dan beberapa kali membintangi iklan product elektronik dan otomotif (diantaranya adalah Sharp dan Honda) bersama rekan satu group nya Mulan.

Tahun 2006, Maia dan Mulan merilis album “No. Satu”, sebagai debutnya  “Lelaki Buaya Darat”, dan “Dear Diary.” Seperti album pertamanya bersama Mulan, album ini pun sukses besar di pasaran dengan angka penjualan 500 ribu kopi hanya di minggu pertama perilisan. Ratu mencapai puncak.  Maia juga main pada acara komedi Extravaganza (2006 – 2007).

Tahun 2007, Maia sebagai bintang tamu dalam film Lantai 13 . juga main pada acara komedi OB.

Namun saat itu Maia mulai di ekspose oleh media atas beberapa masalah, diantaranya kasus pembagian royalti oleh management Ratu yang kurang transparan, hal ini di kemukakan oleh Mulan.

Akhirnya Mulan memutuskan hengkang dari Maia.

Meluncur masalah lain mengenai konflik rumah tangga mereka bersama pasangan Ahmad Dhani

Akhir, di blog resmi nya Ratu, Maia mengungkapkan kata-kata “Usai sudah semuanya, Suami hilang rekan juga hilang…”

Tahun 2007 s/d 2008. Maia benar-benar menjadi topik pembicaraan di beberapa media. Banyak hal yang di perebutkan, salah satunya adalah harta gono gini dan hak asuh anak yang diperebutkan oleh kedua pihak.

Kemudian muncul masalah baru, Dhani menggugat Maia atas hak nama dari Ratu, dan kemudian melarang Maia untuk memakai nama tersebut. Inilah awal keruntuhan masa kejayaan Ratu dan akhirnya karena masih terikat kontrak dengan Sony BMG maka Maia terpaksa harus mencari nama lain untuk albumnya tersebut.

Desember 2007, setelah vakum selama 1 tahun Maia kembali dengan formasi Duo Maia. akhirnya menemukan pengganti Mulan, melalui audisi untuk merekrut anggota baru ratu terpilihlah Mey Chan.

Tahun 2008, Maia bersama Mey Chan memperkenalkan grup barunya duo Maia dan merilis album kompilasi bertajuk Maia & Friends. Album mereka mencetak single seperti “Ingat Kamu” dan “E.G.P”. Bersama rekan nya Mey Chan, maia mulai mendapat jadwal manggung yang padat dan juga di kontrak oleh sebuah perusahaan provider celuler XL

Tahun 2008,  Maia membintangi Iklan TV Honda Beat

Mei 2008, Maia mendapat tawaran untuk menciptakan sebuah lagu yang di nyanyikan oleh Dirly dan beberapa finalis Indonesian Idol untuk di pakai menjadi theme song iklan otomotif Honda.

23 September 2008 sidang cerai Maia dan Dhani telah berbuah keputusan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai Maia terhadap suaminya.

Tahun 2008-2011, Maia membintangi Iklan TV  Ale-Ale.

Tahun 2008, Maia sebagai pemeran pendukung dalam film  Oh My God.

Tahun 2009 duo Maia merilis album bertajuk Sang Juara dan Album mereka mencetak single seperti “Pengkhianat Cinta” dan “Serpihan Sesal” serta Sang Juara yang didedikasikan untuk para Olahragawan Indonesia yang di nobatkan sebagai lagu wajib oleh Menteri Pemuda & Olahraga Indonesia, Adyhaksa Dault dalam acara Pertandingan-Pertandingan Serta Kejuaraan Olahraga yang diselenggarakan di Indonesia menggantikan lagu “We Are The Champion” yang di bawakan Queen.

Tahun 2009,  Maia mendapat Pemeran Utama dalam Kata Maaf Terakhir; membintangi Iklan TV  Dove serta bermain pada acara komedi Happy Sahur.

Tahun 2010, membintangi Iklan TV Toyota Kijang Innova with Chelsea Rezky.

Tahun ?-2011, membintangi Iklan TV  Tolak Angin.

Tahun 2011, Ia akan bergabung menjadi juri dalam cara pencarian bakat menyanyi terbaru Indonesia, yaitu The X Factor.

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Seniman, Sosok, Surabaya, Th. 2012 dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s