Kreasi Kertas Semen, Kabupaten Tuban


Mengkreasi Kertas Semen Jadi Gaun Pesta

Mungkinkah bekas karung se­men dijadikan pakaian? Bagi siswa MAN Rengel Tuban, itu bukanlah se­suatu yang tak mungkin terjadi. De­ngan sedikit sentuhan kreativitas, nyatanya mereka mampu menyulap limbah tersebut menjadi gaun yang anggun nan menawan. “Gaun yang kami buat sudah dipamerkan di ber­bagai tempat lho., dan alhamdulillah sambutannya sangat positif,” ujar Surati, SPd.

Wajar saja jika saat diperagakan banyak orang kagum dan takjub dibu­atnya. Sebab banyak yang tak memba­yangkan jika bekas sak semen bisa diolah menjadi busana. Memang dari sisi tampilan, bungkus tersebut laiknya limbah kebanyakan yang tak mungkin bisa dikreasi lagi. Apalagi dari sisi war­na pun terkesan lusuh.

Ide awal pembuatan busana de­ngan bahan limbah kertas semen ini, berawal dari sebuah kontes disain bu­sana – yang diadakan Jurusan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya pada Nopember tahun lalu. Kontes tersebut bekeijasama dengan PT. Se­men Gresik. Dan pihak penyeleng­gara mengharuskan para kontestan beradu disain busana dengan bahan dasar kertas semen.

Anehnya, para siswa yang ter­gabung di pengembangan diri Tata Busana MAN Rengel Tuban malah antusias meresponnya. Mereka seakan tertantang untuk mengubah hal yang tak mungkin menjadi mungkin. Tak tanggung-tanggung, ada 42 buah disain busana yang terkumpul. Meski kemudian dipilih sepuluh besar. Dari sepuluh disain, lantas disaring lagi hingga membuahkan dua rancangan busana terbaik. Dua busana itulah , yang kemudian diikut sertakan dalam lomba,

Kemudian kertas itu pun diwarnai de­ngan pewarna pakaian yang selan­jutnya dijemur hingga kering. “Pada tahap selanjutnya, kertas semen yang sudah kering itu dipola sesuai disain yang ada; digunting lalu dijahit de­ngan tambahan beberapa aksesoris di sana-sini. Maka terwujudlah sebu­ah gaun yang istimewa,” terang Guru bidang studi Matematika MAN Re­ngel ini besemangat.

Ketika lomba, ujar Juara 1 tingkat Nasional Disain Busana Muslimah ini, MAN Rengel membikin gaun pes­ta lengkap dengan kerudungnya. Ba­han-bahannya sama yakni kertas sak Cara pembuatannya pun gam­pang. Kertas semen tersebut dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Kemu­dian merendamnya beberapa saat dengan cairan softener, agar ker­tas nantinya lebih mudah dikreasi. Diperlukan 18 semen untuk 1 Busana yang dilengkapi kerudung.

MAN Re­ngel sengaja menampilkan busana Muslimah yang elegan. Yang hasilnya cukup memuaskan.

Rasa puas itu pun dirasakan pa­ra siswa dan seluruh civitas madra­sah. Apalagi saat Bupati Tuban memberikan apreasi yang luar biasa. Rencana ke depan, pengemba­ngan diri Tata Busana MAN Rengel akan membuat lebih banyak karya dengan bahan dasar yang tak lumrah. Apalagi sebelumnya pernah membu­at busana dari daun nangka. Selain itu telah banyak karya baik berupa baju jadi ataupun bros yang telah di­hasilkan. Bahkan karya-karya itu ber­hasil dijual secara komersial.

Sentuhan kreativitas memang se­lalu dibutuhkan untuk membuat karya yang orisinal. Dengan begitu para sis­wa tak mudah didera kebosanan. Juga untuk mengasah skill siswa dalam bi­dang tata busana, sehingga suatu sa­at bisa dijadikan modal menuju ke­mandirian. “Tak sedikit dari siswa ka­mi yang telah membuka usaha man­diri berbekal pegetahuan tata busana di sini,”ujar seorang guru. ® Pri, Mochtar

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Mimbar PA, 314,  November 2012

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Kesenian, Th. 2012, Tuban dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s