Sejarah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar, Kota Malang


MENGENAI LEBIH DEKAT RSSA

Kota Malang, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, terletak 90 km sebelah selatan Kota Surabaya. Malang merupakan kota terbesar kedua diJawa Timur, dan dikenal dengan julukan kota pelajar. Dikenal sebagai kota pelajar atau kota pendidikan, karena memiliki sejumlah perguruan tinggi ternama. Situasi kota yang tenang, penduduknya ramah, harga makanan yang relatif murah dan fasilitas pendidikan yang memadai sangat cocok untuk belajar/menempuh pendidikan. Sedikitnya ada lima universitas negeri yang berdiri di Malang: Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Kesehatan Malang dan puluhan PTS(Perguruan Tinggi Swasta). Tak sedikit orang yang menyebut Malang sebagai Paris van East Java, karena kondisi alamnya yang indah, iklimnya yang sejuk dan kotanya yang bersih, bagaikan kota “Paris”-nya JawaTimur.

Dan tepat di jantung kota Malang, tepatnya di Jalan Jaksa Agung Suprapto No.2 Malang berdirilah RSUD Dr.Saiful Anwar (RSSA) Malang. Sebelum Perang Dunia ke II, RSUD Dr. Saiful Anwar ( pada waktu itu bernama Rumah Sakit Celaket), merupakan rumah sakit militer KNIL, yang pada pendudukan Jepang diambil alih oleh Jepang dan tetap digunakan sebagai rumah sakit militer. Pada saat perang kemerdekaan RI, Rumah Sakit Celaket dipakai sebagai rumah sakit tentara, sementara untuk umum, digunakan Rumah Sakit Sukun yang ada dibawah Kotapraja Malang pada saat itu. Tahun 1947 (saat clash II), karena keadaan bangunan yang lebih baik dan lebih muda, serta untuk kepentingan strategi militer, Rumah Sakit Sukun diambil alih oleh tentara pendudukan dan dijadikan rumah sakit militer, sedangkan Rumah Sakit Celaket dijadikan rumah sakit umum.

Pada tanggal 14 September 1963, Yayasan Perguruan Tinggi Jawa Timur / IDI membuka Sekolah Tinggi Kedokteran Malang dan memakai Rumah Sakit Celaket sebagai tempat praktek (Program Kerjasama STKM-RS Celaket tanggal 23 Agustus 1969). Tanggal 2 Januari 1974,dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 001/0/1974, Sekolah Tinggi Kedokteran Malang dijadikan Fakultas Kedokteran Universitas Brawiyaja Malang, dengan Rumah Sakit Celaket sebagai tempat praktek.

Pada tanggal 12 Nopember 1979, oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Timur, Rumah Sakit Celaket diresmikan sebagai Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar. Keputusan Menteri Kesehatan RI. No.51/Menkes/SK/ll/1979 tanggal 22 Pebruari 1979, menetapkan RSUD Dr.Saiful Anwar sebagai rumah sakit rujukan. Dan pada bulan April 2007 dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI No.673/MENKES/SK/VI/2007 RSUD.Dr.Saiful Anwar ditetapkan sebagai rumah sakit kelas A. Pada tanggal 30 Desember 2008 ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum dengan keputusan Gubernur Provinsi Jawa Timur No.l88/439/KPTS/013/2008.

Berdasar Perda Jawa Timur No.11 tahun 2008 tanggal 21 Agustus 2008 tentang Organisasi dan tata kerja rumah sakit Provinsi Jawa Timur status kelembagaan RSUD Dr.Saiful Anwar ditetapkan sebagai lembaga teknis daerah setingkat badan dengan struktur organisasi struktural terdiri dari Direktur, 4 Wakil Direktur, 7 Bidang dengan 14 Seksi dan 3 Bagian dengan 9 Sub Bagian. Sedangkan organisasi non struktural terdiri dari 24 organisasi Staf Medis Fungsional dan 24 Instalasi. Disamping itu terdapat beberapa Komite yang membantu tugas-tugas Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar adalah Rumah Sakit kelas A berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 673/Menkes/SK/VI/2007 pada bulan April 2007. Saal ini selain sebagai wahana pendidikan kepaniteraan klinik madya Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, juga Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS I) Bedah, IPD, OBG, IKA, Paru, Jantung, Mata,THT, Patologi Klinik, Emergency Medicine, Kulit Kelamin, Neurologi, Radiologi. Selain itu berbagai institusi pendidikan baik pemerintah maupun swasta bekerja sama dengan RSUD Dr.Saiful Anwar antara lain : Akademi Keperawatan, D3/D4, Gizi, Akademi Kebidanan, Pendidikan Profesi Farmasi dan berbagai institusi pendidikan lainnya.

Tanggal 20 Januari 2011 RSUD Dr. Saiful Anwar telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Akreditasi A dari Kementrian Kesehatan RI dengan Nomor Sertifikat 123/MENKES/SK/I/2011. Dalam rangka mendukung upaya keterlaksanaan Visi Kementrian Kesehatan, yaitu masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan serta Misi Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang akan Mewujudkan Makmur bersama Wong Cilik melalui APBD untuk Rakyat, maka rencana strategis RSSA berjalan dengan landasan Visi: Menjadi Rumah Sakit Kelas Dunia Pilihan Masyarakat. Untuk mencapai Rumah Sakit kelas dunia pilihan masyarakat, ditempuh melalui Misi sebagai berikut:

  1. Menciptakan tata kelola rumah sakit yang baik melalui penataan dan perbaikan manajemen yang berkualitas dunia, profesional serta akuntabel.
  2. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan rumah sakit yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat melalui pengembangan sistem pelayanan yang terintegrasi dan komprehensif.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian kesehatan melalui pengembangan mutu pendidikan dan penelitian berkualitas internasional.
  4. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pemenuhan tenaga yang terlatih dan terdidik secara professional.

Guna mewujudkan visi dan misinya, RSSA selalu memfokuskan kegiatannya untuk menghasilkan nilai-nilai bagi penerima pelayanan, dan senantiasa melakukan improvementterhadap sistem dan proses dalam memberikan pelayanan. Dengan demikian, untuk memenuhi tuntutan tersebut, RSSA menanamkan dan menjujung tinggi nilai-nilai dasar yang disingkat sebagai RSSA, yaitu:Respect, Safety, Sinergy, dan Accountable.

RSSA telah mengembangkan pelayanan 26 spesialistik dengan sub-spesialistiknya yang luas. Tempat pelayanan tersebut berada di Instalasi Rawat Jalan (IRJ), Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan Instalasi Rawat Inap (Irna). Pelayanan gawat darurat dibuka 24 jam setiap hari dengan dilengkapi berbagai sarana pelayanan, antara lain 75 tempat tidur periksa ruang triage, kamar untuk pasien yang dibedakan sesuai dengan kondisi kegawat- daruratan pasien, yakni Prioritas (Pl, Pil, dan Plll), ruang observasi, 3 kamar operasi, 3 buah ambulance gawat darurat, radio medik, bank darah PMI, radiologi, dan depo farmasi. Pelayanan IGD diselenggarakan oleh spesialis kedokteran emergensi (EM) vang bertugas on site di IGD selama 24 jam, spesialis lain yang bertugas on call, dokter peserta PPDS (program pendidikan dokter spesialis), Dokter Brigade Siaga Bencana (BSB), dan 60 perawat. Layanan Instalasi Rawat Jalan (IRJ) dilakukan di poliklinik pada hari kerja, yakni 5 hari dalam seminggu. Pada hari senin sampai dengan hari kamis mulai jam 08.00-15.00 dan pada hari jumat mulai jam 08.00-14.30, sedangkan loket pendaftaran sudah dibuka sejak jam 07.00 pagi hari. Pada awalnya terdapat 16 poliklinik rawat jalan yang selanjutnya dengan berkembangnya berbagai disiplin ilmu yang membagi dalam divisi atau seksi, saat ini terdapat layanan poliklinik konsultan yang melayani 2 hingga 5 kali seminggu. Di IRJ juga melayani cek kesehatan lengkap (general check up) yang melayani permintaan dari instansi maupun pribadi. Terima kasih atas kepercayaan anda kepada RSUD.Dr. Saiful Anwar Malang. Semoga kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik, sesuai dengan motto RSSA yaitu kepuasan dan keselamatan pasien adalah tujuan kami.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: EDISI KHUSUS 15

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Malang [Kota], Sejarah dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sejarah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar, Kota Malang

  1. ricko berkata:

    Sudah tidak asing lagi dengan ikon nya kota malang banyak di kunjungi dari berbagai kota yang ada di indonesia bahkan turis asing juga senang berkunjung ke kota malang, hal tersebut dikarenakan kota malang sangat nyaman untuk di nikmati oleh orang2. Selain banyak universitas yg terkemuka, malang juga menawarkan banyak tempat berwisata yang bisa di kunjungi, salah satu tempat wisata yang tersohor yang ada di kota malang adalah BNZ, BROMO, coban RONDO, coban RAIS, vanderman, jatimpark, museum angkot, museum satwa, dan yang paling terkenal adalah gunung mahameru. Dan banyak lagi tempat wisata yang ada dikota malang. Bagi calon mahasiswa ayo kuliah di kota malang, kota pendidikan.

    Salam.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s