AJBS Home Improvement Center


MENYULAP KAWASAN BIR BINTANG MENJADI IKON BELANJA

Berada di bekas kawasan industri pertama di Surabaya, AJBS Home Improvement Center yang berdiri di lahan seluas lebih dari 10.000 m2 di Jl. Ratna No. 14 Surabaya telah menjadikan komplek bekas pabrik bir yang termasuk sebagai salah satu bangunan cagar budaya, menjadi sebuah ikon belanja yang unik di Surabaya.

Kawasan Pabrik Bir
Sejak tahun 1916, Surabaya dikenal sebagai kota pelabuhan terbesar pertama di Indonesia, telah memiliki kawasan industri pertama yang terletak di kawasan Ngagel. Kala itu dikelola oleh perusahaan THE BRAAT {Surabaya City of Work, Howard W. Dick). Dari sana kemudian berdiri industri-industri lain di kawasan tersebut, salah satunya adalah pabrik bir dengan merek Java Beer dikelola oleh NV. Nederlands Indische Bierbrouwerijen pada tahun 1929.

Pada tahun 1936 NV ini berganti nama akibat perubahan kepemilikan dengan HEINEKEN sebagai pemegang saham terbesar. Pada tahun 1937 pabrik ini mulai memproduksi bir dengan merek Heineken untuk pertama kalinya dipasarkan di Indonesia. Setelah berganti nama beberapa kali, akhirnya pabrik bir ini dikenal sebagai Pabrik Bir Bintang di bawah kelola PT. Multi Bintang Indonesia.

Seiring perubahan tata kota Surabaya yang merelokasi sentra industri di kawasan Ngagel dan sekitarnya, maka pada tahun 1988 Pabrik Bir Bintang juga harus merelokasi pabriknya ke luar kota Surabaya. Bangunan pabrik yang ditinggalkan menjadi lahan kosong di tengah kota. Pada tahun 2000 akhirnya kawasan pabrik bir ini dibeli oleh PT. AJBS yang menjadikannya sebagai komplek bisnis.

Kemudian di dalamnya berdiri AJBS Swalayan (store hardware), AJBS Convention (tempat untuk berbagai konvensi maupun pameran), amusement (bilyard dan bowling), serta beberapa tenant lain yang mempergunakannya sebagai kantor atau pun tempat usaha.

One Stop Shopping di Surabaya
Kini di kawasan yang dikenal sebagai bekas pabrik bir, sebagian masyarakat Surabaya masih mengenal AJBS sebagai tempat bowling dan bilyar, tempat pameran atau pun AJBS Swalayan yang hanya menjual mur-baut, telah berubah menjadi sebuah kompleks belanja dengan konsep one stop shopping untuk semua kebutuhan merenovasi dan mempercantik rumah (home improvement). Di area kompleks belanja ini memiliki dua store yaitu AJBS HIC (Home Improvement Center) seluas 5.000 m2. Menawarkan berbagai produk hardware dan building material.

Di AJBS HIC berbagai kebutuhan hardware baik untuk kepentingan industri maupun rumah tangga tersedia dengan range produk yang sangat lengkap. Mulai tools, power-tools seperti generator, kompresor, welding dan semua peralatan teknik tersedia dengan harga yang sangat kompetitif. Di store ini kebutuhan building material mulai dari lantai hingga atap seperti tiles dengan berbagai merek, cat, sanitary, bathroom, pintu-pintu beserta aksesorisnya, lampu dan electrical, atap hingga bata ringan dan semen instan tersedia di tempat ini.

Sedangkan store lainnya adalah AJBS HF (Home Furnishings), store dengan selling area seluas 3000 m2, ini menawarkan berbagai kebutuhan mengisi dan mempercantik rumah mulai dari furnitur, home decor, kitchen appliances, home appliances tersedia di sini.

Belanja kini menjadi Lifestyle
Bagi masyarakat urban, belanja kini tidak lagi sebuah aktivitas ekonomi membeli suatu barang. Tetapi telah menjadi lifestyle yang lekat dengan leisure dan wisata. Kini pengalaman berbelanja yang nyaman dan mengesankan menjadi sebuah kebutuhan, sama pentingnya dengan barang yang dibeli.

AJBS sebagai komplek belanja, memiliki sebuah keunikan yang berbeda dengan tempat belanja lainnya di Surabaya. Dengan luasan lebih dari 10.000 m2, AJBS menjadi sebuah komplek home improvement yang terlengkap dan terbesar di Surabaya.

Waktu yang terbatas, tidak memungkinkan lagi bagi masyarakat kota untuk berpindah-pindah tempat dari mal ke mal atau dari toko ke toko untuk keperluan ‘renovasi atau mempercantik rumah. Dengan konsep one stop shopping, di tengah kota seluruh kebutuhan ini dapat terpenuhi. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan berbelanja sekaligus sebagai wisata, komplek AJBS dilengkapi dengan Pets and Garden Centeryang menyediakan berbagai produk untuk pehobi binatang peliharaan dan berkebun. Lengkap dengan jasa grooming untuk kucing maupun anjing.

Di komplek ini juga terdapat AJBS Galeri, sebuah galeri seni yang memamerkan berbagai koleksi seni seperti lukisan. Serta menyelenggarakan aktivitas pameran karya

seni baik dari seniman dan pekerja seni dari dalam dan luar negeri. Di tengah aktivitas berbelanja, komplek AJBS juga melengkapi fasilitasnya dengan area bermain AJBS Playroom bagi anak-anak, serta cafeshop dan ice cream Frollino. Ada pula Warung Wulan yang menyajikan berbagai masakan Indonesia dan chinese food dengan konsep allyou can eat.

Promo Anniversary
Menyambut Anniversary AJBS yang ke-14 serta ulang tahun Kota Surabaya yang jatuh di bulan Mei, AJBS menggelar berbagai penawaran yang sangat istimewa. Mulai dari Happy Anniversary Sale, yang memberikan Voucher Belanja mulai dari 150 ribu rupiah untuk setiap pembelian di AJBS minimal pembelanjaan 1.4 juta rupiah. Selain itu pembeli akan memperoleh kesempatan untuk memenangkan 14 motor Honda dan grandprize berupa 140 gram emas untuk setiap pembelanjaan 140 ribu rupiah (berlaku kelipatan) selama periode Mei. Masih banyak penawaran menarik untuk setiap produk yang memberikan beragam diskon dan hadiah.

… pastikan untuk nikmati wisata belanja di AJBS yang baru.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  SURABAYA City guide, edisi mei 2010

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Sentra, Surabaya dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s