Persatuan Hotel Restauran Indonesia (PHRI) Jatim Lakukan Sertifikasi


Untuk Menguatkan Sektor Pariwisata
PHRI Lakukan Sertifikasi

UNTUK menguatkan sektor pariwisata Jatim, Persatuan Hotel Restauran Indonesia (PHRI) Jatim mencanangkan Program Sertifikasi. Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hotel dan restauran, serta pelayanan sebagai sarana penunjang sektor pariwisata.

Seperti dikatakan Ketua PHRI Jatim, Yulianto Sochebu, sertifikasi merupakan upaya yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pekerja di bidang pariwisata. “Sudah saatnya pekerja meningkatkan kemampuannya sehingga memenuhi standar internasional. Terutama pekerja di bidang Hotel dan Restoran yang kini mencapai sekitar 10,3 juta pekerja,” katanya.

Ia menjelaskan, kini persaingan pekerja di bidang pariwisata sudah semakin ketat sehingga pekerja Indonesia harus mampu menunjukkan kemampuannya. Target PHRI secara nasional diutamakan pada peningkatan sertifikasi Sumber Daya Manusia (SOM), Tahun ini ada sekitar 6.000 SOM pariwisata yang telah memperoleh sertifikat.

Yulianto menuturkan, sertifikasi pertama ditekankan pada produknya, yakni HR. Pada sertifikasi produk, standardisasinya akan disesuaikan dengan kalas dan fasilitas HR. “Sertifikat hotel berbintang ini merupakan langkah PHRI untuk memajukan industri perhotelan. Sertifikat ini menjadi bukti hotel itu masuk kelas melati, bintang dua, tiga, empat dan restaurant dan sudah memenuhi standar,” jelasnya.

Ia menjelaskan, fasilitas hydrant atau pemadam, instalasi pengolahan air limeah, standar kesehatan sanitasi, serta fasilitas HR lain bisa menjadi persyaratan dasar penilaian sertifikasi.

Sertifikasi kedua, penekanannya pada kualitas SOM pengelola HR. Caranya, PHRI menyiapkan standardisasi kompetensi karyawan dengan melakukan pelatihan dan selanjutnya dilakukan uji kompetensi dan sertifikasi profesi hotel dan restoran oleh tim Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hotel dan Restoran. Yang punya hak untuk disertivikasi adalah mereka yang sudah berpengalaman dua tahun karena skill-nya sudah memadai.

LSP merupakan salah satu kepanjangan tangan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), karena LSP ini melaksanakan assessment-nya, sedangkan yang mengeluarkan sertifikasinya adalah BNSP. Tapi BNSP tidak mempunyai wewenang untuk melaksanakan assessment atau penilaian. Jadi, pelaksananya LSP, sedangkan yang mengeluarkan dan melindungi adalah BNSP.

Sertifikat ini merupakan sertifikat skill kompetensi, keterampilan, pengetahuan dan attitude personal. Gunanya banyak, selain untuk rneningkatkan kualitas SDM, juga untuk pengembangan karir Karena tahun 2012 nanti, pelaku pariwisata di bidang perhotelan di Indonesia harus bersaing dengan pelaku pariwisata dari negara lain yang bekerja di Indonesia.

Bersinergi
HR tidak bisa berdiri sendiri. Peranannya sebagai pelengkap sektor pariwisata harus bersinergi dengan elemeh lain yang juga turut menguatkan peranan HR, seperti pengadaan air bersih, telepon, dan listrik yang dilakukan oleh pihak lain. Prinsipnya HR turut membantu investasi di Jatim. Kontribusi HR pada pajak Negara juga cukup besar, mulai dari PPN, PPh, PBB, retribusi kebersihan sampah, dan parkir.

Ia menuturkan, saat ini pemerintah kerap melakukan promosi pariwisata besar-besaran. Kondisi itu menurutnya cukup ironis, karena sarana dan prasarana pariwisata masih banyak yang belum dibenahi. “Seharusnya simultan dan bersinergi. Jika promonya baik tapi kondisi di lapangan tidak menarik, wisatawan akan kecewa. Jadi, walaupun tidak semua fasilitas dapat terpenuhi, setidaknya objek wisatanya harus siap dan baik.

Saat ini anggota PHRI Jatim diperkirakan lebih dari 3000, termasuk hotel melati, hotel bintang, restauran , dan rumah makan. Namun, sejauh ini yang terdeteksi dan terdaftar sebagai anggota sekitar 624. Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan seluruh pengurus di kab/kota se-Jatim agar proses sertifikasi dapat diterapkan pada seluruh pengusaha HR di Jatim. la yakin mampu meningkatkan kualitas sarana dan prasarana HR serta pelayanan sesuai standar.

Kini pihaknya juga merancang konsep investasi bagi pengusaha HR yang ingin mengembangkan usahanya. Misalnya dengan memberikan rekomendasi pembangunan HR di lokasi yang potensial, seperti di wilayah Madura pasca dibangunnya Jembatan Suramadu dan pada kawasan wisata favorit di Jatim seperti Trawas, Pacet, Batu, Tretes, Malang, dan Gunung Bromo.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya sertifikasi HR karyawannya mampu meningkatkan potensi pariwisata, khususnya di Jatim. “Dengan dukungan kerjasama pengembangan sarana dan prasarana pariwisata dari pemerintah, akan memiliki nilai lebih bagi para wisatawan asing ataupun domestik untuk mengunjungi objek di Jatim,” katanya. (M Afrizal Akbar)

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: POTENSI JAWATIMUR, EDISI 10, TAHUN IX/2009, hlm. 8.

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Beranda, Wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Persatuan Hotel Restauran Indonesia (PHRI) Jatim Lakukan Sertifikasi

  1. erwanto berkata:

    Selamat pagi bp.pimpinan phri
    Saya ingin bertanya apakah phri telah menjalin kerjasama dengan violet’s salon & spa?.
    Saya merasa ditipu dengan violet’s salon & spa, pada bulan mei 2012 saya ditawarkan kartu discount dengan harga Rp.2.645.000 kemudian saya diberikan sofenir tas,jam tangan & perlengkapan lulur.kemudian kartu bisa digunakan untuk dicount / potongan harga apabila inap dihotel berbintang namun violet’s menjanjikan apa bila kartu tidak digunakan selama 3 bulan maka akan dikembalikannya uang yg sudah dibayarkan tersebut.akan tetapi sampai saat ini belum dikembalikan & no tlp yg bisa dihubungi pun tidak aktif .mohon bantuannya untuk diselesaikan masalah ini terima kasih.

    • Mohon maaf sebelumnya, kami hanya menampilkan info yang berhubungan tentang Jawa Timur dan tidak berhubungan langsung dengan isi infonya. Bila berhubungan dengan hal tsb dapat langsung ke BPD PHRI JAWA TIMUR, Ketua: Atmantoro, SH, Jl. Jemur Sari III No7, Surabaya, Telp. (031) 8497559 Fax. (031) 8497559

  2. wongblajar berkata:

    GRATIS Software Hotel & Restoran
    hanya di wongblajar.wordpress.com
    kontak : wongblajar@yahoo.com atau 274D2456

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s