Suramadu, Jembatan


Jembatan Suramadu, Pengungkit Ekonomi Jawa Timur

OLEH : DRS. HELMI, MM *)

Pembangunan Jembatan Suramadu tidak dikuti pembangunan Pusat Perdagangan di sekitar Kak Jembatan Suramadu baik di sisi Surabaya maupun di sisi Madura, sehingga pemandangannya terkesan kumuh dan tidak teratur, tidak seimbang dengan keindahan Jembatannya.

Jembatan Suramadu bukan hanya berfungsi sebagai sarana penunjang transportasi ntara Surabaya dengan ulau Madura tetapi lebih dari itu bahwa Jembatan Suramadu dapat dioptimalkan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dengan menjadi Pusat Perdagangan dan Pariwisata di Jawa Timur, khususnya Surabaya dan Madura.

Jembatan Suramadu dengan bentuknya yang indah dengan larnpunya yang gemerlapan pada malam hari menjadi daya tarik tersendiri. Dengan keunikannya tersebut, Jembatan Suramadu seharusnya dijadikan ICON Jawa Timur dengan membuat barang barang Souvenir, seperti kaos, gantungan kunci, Postcard dan sebagainya. Demikian pula halnya bila ada tamu tamu dari dalam negeri maupun dari luar negeri dibuatkan standar souvenir yang bemuansa Jembatan Suramadu yang akan diberikan baik pada SKPD maupun tamu tamu Pemerintah Provinsi Jawa Timur sekaligus berfungsi sebagai Market Image.

Namun, pembangunan Jembatan Suramadu tidak dikuti pembangunan Pusat Perdagangan di sekitar Kaki Jembatan Suramadu baik di sisi Surabaya maupun di sisi Madura, sehingga pemandangannya terkesan kumuh dan tidak teratur, tidak seimbang dengan keindahan Jembatannya.

Selayaknya, terdapat hall pada kaki jembatan sebagai pusat perdagangan unggulan dan souvenir Jawa Tirnur yang ditata dengan tenan atau kios yang unik, terkesan modem dan ber AC sehingga pengunjung merasa betah berbelanja. Produk yang dijual adalah produk unggulan yang berasal dari IKM/UKM pada setiap kabupaten /kota se Jawa Tirnur.

Pembangunan Hall liainnya adalah untuk pusat perdagangan makanan khas Jawa Timur produk produk unggulan kabupaten/kota dan Hall berikutnya dibangun untuk pusat kuliner, makan khas Jawa Timur yang merupakan kuliner unggulan setiap kabupaten/kota yang diikuti dengan pusat hiburan/movie/museum Jawa Timur.

Pembangunan Dermaga di sekitar Hall tersebut dapat diakses oleh pengunjung, yang digunakan untuk membawa bagi tamu-tamu yang menyebrang ke Pulau Madura sambil berparawisata.

 Wisata Kuliner

Pembagunan dermaga di sekitar Hall dimamfaatkan untuk wisata kuliner pada malam hari, para pengunjung dimanjakan wisata kuliner diatas kapal feri yang bersandar restoran berbintang IV dengan sistem buffet.

Selama dalam perjalanan dan makan malam, pengujung dihibur dengan hiburan live Band dengan penyanyi yang elok dan cantik dan bahkan pengunjung dapat meminta lagu kesukaannya atau ikut menyumbangkan suaranya sehinga suasananya menyenangkan dan pengunjung sekaligus dapat menikmati keindahan gemelapan lampu Jembatan Suramadu, selama perjalanan dari dermaga mengelilingi sekitar selat madura tidak akan terasa kurang lebih selama 2 jam.

Budaya Jawa Timur

Hall dibagun disekitar Jembatan juga disediakan untuk pertujukan Tarian unggulan Kabupaten/Kota se Jawa Timur, dipentaskan khusus pada malam sabtu dan malam minggu sebagai upaya pengenalan budaya Jawa Timur sekaligus menggali kreativitas Budaya Timur kepada pengunjung baik dari Jawa Timur maupun dari Luar Jawa Timur bahkan tamu dari manca negara.

Disamping itu dibangun pusat peramainan anak anak dan dewasa, untuk membuat daya tarik pengunjung, identik  dengan ” ANCOL” JAWA TIMUR.(Disperindag Provo Jatim)


Prasetya, Volume II, No. 22, Oktober 2010

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Surabaya, Wisata dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s