Sumber Penganten, Jombang


Melongok kealamian Sumber Penganten Jogoroto. Masih perawan. Bernuansa magis. Airnya yang jernih, hawanya yang sejuk dan air yang tidak pernah kering meski musim kemarau menjadikan tempat ini sangat ideal untuk wisata keluarga.

Di Jogoroto juga ada tradisi yang sudah berjalan berpuluh-puluh tahun, yaitu acara Grebeg Maulid Nabi. Acara ini diawali dengan pawai atau arak-arakan yang bernuansa Islam oleh masyarakat desa Sumbermulyo dan sekitarnya dan di]anjutkan dengan prosesi lelang barang-barang hasil dari hibah warga setempat. Kemudian malam harinya dilanjutkan dengan pengajian umum sebagai sarana penyejuk iman.

Sumber Penganten salah satu aset yang dimiliki Kabupaten Jombang. Letaknya sekitar 1 kilometer dari arah kota. Kecamatan Jogoroto, kondisinya terlihat masih alami. Beberapa bangunan saksi sejarah masa lampau, juga masih ada. Menurut legenda, cikal bakal munculnya Sumber Penganten, berawal ketika sepasang penganten tenggelam (menghilang, red) ketika mandi. Itu terjadi jauh sebelum kompeni Belanda masuk ke Indonesia. Karena itu kemudian muncul kepercayaan bahwa sumber tersebut memiliki kekuatan magis.

Lokasi Sumber Penganten jauh dari hingar-bingarnya kendaraan, namun tidak terpencil. Sebaliknya, mudah dijangkau, dengan kendaraan roda empat sekali pun. Di sekitarnya, terhampar lahan luas, yang biasanya, dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat parkir dan aman. Di sekelilingnya tumbuh pepohonan nan rindang yang berfungsi menaungi pengunjung dari sengatan sinar mentari. Acapkali pula dimanfaatkan untuk bersantai. Penduduk sekitar sangat ramah dan seakan tak peduli dengan beragam kesibukan yang terjadi. Karena itu, siapa pun betah berlama-lama di sana.

Ada beberapa faktor yang motivasi pengunjung datang ke tempat  tersebut. Selain karena tinggalan sejarah, juga ada kepercayaan bahwa sumber tersebut mengandung ‘kekuatan’ magis. Seperti, aora wajah semakin terpancar, manakala berendam di sana. Tetapi, tak sedikit pula yang hanya ingin menikmati sejuk dan beningnya sumber nan tak pernah kering tersebut.

Kamar Istirahat
Selain sebagai tempat wisata, sumber penganten dipercaya oleh sebagian orang merupakan tampat tetirah yang mempunyai nilai magis. Mereka percaya kalau mandi pada malam hari-hari tertentu akan mendapatkan berkah. Menurut cerita yang berkembang termasuk dari sesepuh Dusun Sumber Penganten, Mbah Sarif, cikal bakal munculnya sumber yang berada di tengah pematang tersebut, terjadi jauh sebelum kompeni Belanda datang dan menjajah bumi pertiwi. Konon, ketika itu sepasang penganten baru tengah memadu kasih dan bersenda gurau di sumber itu. Anehnya, tak berapa lama berselang, pasangan tersebut serta merta lenyap. Tengggelam atau entah kemana.

Beberapa penduduk yang mendengar kejadian aneh tersebut, beranggapan bahwa di sumber tersebut ada penunggunya dan dirasa perlu untuk -setiap saat dan waktu- diselamati. Makanya tak heran sejak saat itu, keberadaan Sumber Penganten, mulai dikeramatkan.

Kepercayaan penduduk bahwa Sumber Penganten sebagai tempat keramat, hingga terdengar ke telinga para bangsawan Belanda. Karenanya, beberapa saat setelah kejadian (penganten lenyap, red), sebagian ‘petinggi’ kompeni melalukan survey. Alhasil, sumber tersebut justru dimanfaatkan Belanda sebagai tempat mandi sekaligus bersantai di kala lelah dalam perjalanan. Bukti bahwa Belanda memang memanfaatkan Sumber Penganten, adanya kamar ganti yang hingga sekarang masih ada meski tidak utuh.

Termasuk pula tembok pembatas tempat mandi antara laki-laki dengan perempuan juga masih tersisa. Meski hanya menyisakan puing-puing. “Sampai sekarang bukti bahwa Belanda pernah memanfaatkan tempat ini, bisa terlihat dari puing kamar ganti dan puing pembatas (sket) lokasi mandi laki-laki dan perempuan,” ujar Mbah Sarif sesepuh Dusun Sumber Penganten.

Kekuatan-Magis
Selain tempat wisata, ternyata Sumber Penganten juga dipercaya mempunyai kekuatan magis. Pasalnya, kalau mandi dan berendam di sana, terutama pada malam-malam yang dianggap baik, dinyakini akan mendapatkan berkah. Tak pelak, banyak pula diantara pengunjung yang sengaja ‘meluangkan waktu’ hanya untuk tujuan metafisis. Bahkan, tak jarang pula ada yang bersemedi di sekitar Sumber Penganten meski tidak transparan.

Pesona Alam Jombang, Kantor Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (2005)

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Jombang, Wisata, Wisata Alam dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Sumber Penganten, Jombang

  1. krissphiwkp berkata:

    Pusaka jawa timuran, tahu tidak sejarahnya sumber pengantin secara detil,, sedang butuh refrensi., saya sebagai warga jogoroto asli, sudah kesulitan menemukan sumber untuk di wawancarai tentang sejarahnya sumberpengantin itu,.

  2. krissphiwkp berkata:

    Reblogged this on krissphiwkp and commented:
    great

  3. Amy Alifatul maslahah berkata:

    assalamu’alaikum Wr. Wb. lalu bagaiman pendapa anda jika tau seperti itu kejadian tersebut?
    dalam artian kritikan dan saran anda?
    syukron sebelumnya.
    Wassalamu’alaikun Wr. Wb.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s