Kawah Gunung Kelud, Kabupaten Kediri


Menggapai Kawah Gunung Kelud
Secara administratif, Gunung Kelud terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Namun kawah ·gunung, terletak di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Jadi, cara paling mudah untuk mencapai kawah Gunung Kelud bisa dimulai dari Kediri, dilanjutkan menuju Wates, lalu ke Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar. Jarak dari Kota Kediri ke desa ini kurang lebih 40 kilometer, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Setelah membeli tiket masuk seharga Rp 1000, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan memanfaatkan akses  jalan sepanjang 10 kilometer menuju puncak dan bibir kawah. Ketika kawasan ini masih belum dikembangkan menjadi aset wisata, akses menuju kawah masih berbentuk jalan setapak yang disana-sini diwarnai batu dan tanah. Kinijalanan sudah menggunakan lapisan aspal hotmix sehingga bisa dilewati semua jenis kendaraan. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, di Wates atau dekat loket masuk (di Margomulyo), banyak mobil atau motor umum siap digunakan. Jika tawar menawar pas, tinggal tancap gas.

Mendekati kawah, kendaraan yang digunakan pengunjung harus diparkir. Karena perjalanan selanjutnya dirancang untuk jalan kaki. Dari tempat parkir, pengunjung akan diajak masuk dalam terowongan di bawah gunung yang panjangnya kurang lebih 110 meter. Sumber di Kantor Pariwisata, Seni, dan Budaya Kabupaten Kediri mengatakan, terowongan ini diperkirakan sudah dibangun sejak awal abad 20. Setelah melewati lorong, perjalanan dilanjutkan dengan menapaki tangga berkelok yang membelah bukit. Sampai di satu titik, tangga batu berganti menjadi jalan setapak yang cukup terjal. Tingkat kemiringan jalan setapak menuju kawah berkisaran tara 30-45 derajat.

Di beberapa bagian, kita harus ekstra hati -hati. Karena pijakan jalan setapak ini hanya mengandalkan batu dan tanah yang di musim kering gampang goyang. Tegang dan lelah, mungkin akan dirasakan oleh sebagian pengunjung. Tapi saat kawah terhampar di depan mata, semua akan menguap bersama udara pegunungan yang sejuk dan segar. mi hd laksono

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Mossaik, November 2005.

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Kediri, Wisata, Wisata Alam dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kawah Gunung Kelud, Kabupaten Kediri

  1. Ayu Galuh berkata:

    Ini Kelud tahun berapa? sekarang kan sudah tidak ada kawah nya, selain itu jalan setelah terowongan menuju ke arah kawah sudah bukan jalan setapak lagi.. Wisata gunung Kelud sekarang sudah banyak perbaikan dan fasilitas nya juga jauh lebih bagus, salah satu wisata yang sangat menarik di daerah Jawa Timur,, sangat di rekomendasikan. :)

  2. Dedy sumartono berkata:

    Hii.. Pusaka Jawa timur..
    Saya mengagumi cerita tentang gunung kelud, ya meskipun saya belum kesana,,
    Saya tunggu artikel yang baru ya.. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s