Kebun Raya Purwodadi: Pasuruan, Jawa Timur


CABANG BALAI KEBUN RAYA PURWODADI, di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. posisinya berada di jalan raya antara Surabaya-Malang pada kilometer 70. Dari Malang menempuh jarak 24 kilometer arah utara. Tahun 1954 diawali membangun petak-petak koleksi, menyesuaikan iklim dan ketinggiannya dengan nama: BALAI ASRI kemudian menjadi HORTUS PURWODADI sekarang CABANG BALAI KEBUN RAYA PURWODADI. Kebun ini memberikan pelayanan jasa ilmiah di bidang arsitektur pertamanan dengan ragam tanaman hias (florikultura). Juga mengintrodusir daya guna flora berhabitat dataran rendah kering. Bertujuan menyelamatan dari kepunahan, pembudidayaan demi kepentingan ilmu pengetahuan, konservasi, juga pengembang-biakkan, perbaikan serta pemulihan, atau perbaharuan pertumbuhan tanaman.

Di kebun ini Terdapat 546 jenis anggrek, diantaranya 231 jenis anggrek alam Jawa Timur. Koleksi di Kebun Raya ini 3.101 jenis, meliputi 150 suku, 894 marga dan 12.638 spesimen. Disamping koleksi anggrek, ada 44 jenis temu-temuan (Zingiberaceae), 10 jenis gadung-gadungan (Dioscoreaceae), 108 kultivar pisang (Musa acuminata x balbisiana) termasuk 5 jenis pisang-pisangan (Musaceae) dan 305 tanaman obat. Kebun ini juga menyimpan koleksi herbarium basah 321 spesimen, kering 4268 spesimen dan museum biji sebanyak 251 spesimen (data: Maret 1987).

Arsitektur taman menurut garis topografi dipadu pepohonan besar kecil, begitu harmonis menyatu dengan pertamanan yang dirancang khusus. Rerumputan, rumpun-rumpun yang teduh, jalan setapak yang melingkar-lingkar lagi dekoratif telah memiliki daya tarik tersendiri. Secara keseluruhan mulai habitat tanaman, bangun rancang dekorasi, sampai ke perawatannya. Memiliki daya pikat tersendiri, sehingga menarik wisatawan baik tua maupun muda yang berlibur, berekreasi serta mencari ketenangan serta kedamaian.

Bervakansi, kegiatan mencari perobahan dari hal-hal yang bersifat rutin. Tujuan utamanya ialah rekreasi, yang berarti istirahat sambil mencari hiburan. Kebun Raya Purwodadi yang mempesona, indah dipandang, menyenangkan, nyaman dan tidak membosankan, tentunya memenuhi harapan setiap pendatang, memperoleh ketenangan dan membawa kenangan keindahan sepulangnya setelah bervakansi dan berekreasi.

Hari kunjung umum setiap hari termasuk hari besar mulai pukul 07.00 sampai pukul 16.00. Rombongan pelajar/mahasiswa berkarya wisata,  pengamatan atau penelitian botani/biologi, dilayani hari Sabtu, diperlukan permohonan. Keringanan biaya masuk, bagi atau menghubungi Kepala Kebun Raya atau Kepala Sub Seksi Bina Sarana Usaha, sebelumnya. Layanan informasi setiap hari kerja.

Catatan: Sujarwo (Pustakawan)
Rujukan: – Menjelajah Obyek Wisata Kabupaten Pasuruan. Bagian Humas, Pemereintah Daerah Kabupaten Pasuruan.
- Pesona Wisata Kabupaten Pasuruan. Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan (Brosur)
- Kebun Raya Purwodadi. Dinas Pariwisata Daerah Propinsi Daerah Tk. I Jawa Timur, 1990.
About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Pasuruan, Wisata dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Kebun Raya Purwodadi: Pasuruan, Jawa Timur

  1. dwi mei berkata:

    dari sidoarjo brp KM.?? kira2 perjalanan brp jam dr sidoarjo?

  2. dwi mei berkata:

    dari sidarjo brp KM??? kira2perjalanan dr sidoarjo brp jam???

  3. Warih Tami berkata:

    kalau dr semarang brp KM…? kalau dr Purwodadi brap jam and KM…?

  4. none berkata:

    masuknya bayar apa gak za????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s