Candi Surowono


Letak dan lingkungan secara administratif Candi Surowono terletak di Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri  (bagian timur), Propinsi Jawa Timur. Jarak dari pusat pemerintahan Kabupaten Kediri lebih Kurang 28 km arah timur laut, atau sekitar 50 menit dari Kota Kediri. Menuju Candi Surowono ini dapat dilakukan dengan mudah melewati jalan beraspal yang menghubungkan Jombang–Pare atau Kediri–Pare

Candi Surowono dibangun pada abad ke 15. Candi Surowono memiliki banyak keunikan. Baik dari segi arsitektur maupun relief yang menggambarkan cerita Arjuna Wiwaha, Bubhuksah, Gagang Aking, dan Sri Tanjung (kisah kesetiaan seorang istri) dengan arah pembacaan Pradaksina (menganankan candi) yaitu berturut-turut dari sisi utara. Candi ini dibangun untuk mendharmakan Bhre Wengker yang wafat pada tahun 1388 Masehi, salah satu raja fatsal atau bawahan di masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, Majapahit. Dalam kitab Negarakertagama disebutkan Candi Surowono berada di Visnubhuvanapura (baca= Wisnubuana-pura), sebuah tempat pemujaan kepada Dewa Wisnu yang terletak di daerah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Candi Surowono merupakan bangunan suci dengan latar belakang keagamaan Hindu.

Candi ini dibangun menggunakan batu andesit berpori dengan pondasi menggunakan bata merah. Orientasi arah hadap candi ke arah barat. Relief yang digambarkan pada candi ini adalah Cerita Arjuna Wiwaha, Bubhuksah-Gagang Aking dan cerita Sri Tanjung Dalam Kitab Negara Kertagama candi ini disebut sebagai Curabhana (baca= Surabhana) yaitu sebuah daerah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Candi Surowono sebagai salah satu obyek wisata Kabupaten Kediri memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sayang, bagian yang masih utuh dari candi ini hanya tinggal kaki dan tubuhnya. Bagian atap sudah rusak dan runtuh.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Profil Kebudayaan Informasi Nilai-nilai Budaya dan Legenda Kabupaten Kediri. Disbudpar Kabupaten Kediri, Kabupaten Kediri, 2010. 

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Kediri, Sejarah, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Candi Surowono

  1. Ifo baru, ternyata di kediri jawa timur ada ya candi warisan budaya, itu termasuk dalam Wisata Jawa Timur bagian purbakala ya… mohon info lokasinya dong ..

    thank

    • Candi di kab Kediri yang siap dikunjungi: candi Tegowangi, desa Tegowangi, kec. Plemahan (barat kota Pare) dan candi Surowono, desa Canggu, kec. Pare, (timurlaut kota Pare). Disamping ada situs (candi) Tonowongso, dsn Tondowongso, desa Gayam, kec Gurah, (barat kota Pare); situs (candi) Dorok, ds Manggis, kec Puncu, (tenggara kota Pare). ada juga Arca Tothokkerot, desa Bulupasar, kecamatan Gurah,(tenggara kota Pare). silakan kunjungi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s