Makam Ibrahim Asmoro Qondi, Tuban


Lokasi Makam Ibrahim Asmoro Qondi Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang lebih kurang 5 km dari pusat kota. Makam ini termasuk salah satu makam para wali di luar wali songo, karena beliau adalah ayah dari Sunan Ampel yang merupakan sesepuh para wali songo.

Menurut sejarah, beliau berasal dari negeri Assyamar Khand dan mengembara untuk mensiarkan agama Islam sampai akhirnya bermukim di tanah Jawa. Karena merasa kesulitan melafalkan kata Assyamar Khand, maka orang Jawa menyebutnya Asmoro Kondi. Kegiatan ritual yang mendatangkan puluhan ribu pengunjung adalah ritual Haul yang diisi dengan pengajian ajaran agama Islam.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Obtek Wisata Tuban, DINAS PARIWISATA, SENI DAN BUDAYA KABUPATEN TUBAN, 2005

About these ads

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Tuban, Wisata, Wisata Relegi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Makam Ibrahim Asmoro Qondi, Tuban

  1. Slamet Afif berkata:

    السلام عليكم ؛ Pada tg 30 /1 2013 saya membawa rombongan ziarah 2bus, sebelum tg tersbt mengirim rmbngan 3bus, dan setiap tahun sy tidk pernh absen membawa rmbngan kemkm ini. tapi di ahir-ahir ini peserta merasa tidk nyaman / ketakutan oleh ulah satpan yang bernama Yd, 2 orang usia tua di gebrak2 pintu kamar wcnya dn dimarahi akibat salah masuk kamar wc wanita, pengurus rombongan diajak bertengkar dianggap tidak bisa memimpin anak buahnya, kami mohon dng hormat kpd yang berwenang untuk dibina anak buahnya supaya hal seperti ini tidak terulang kembali.

    • Yaa… Semoga keluhan ini sampai pada yang berwenang, hingga kejadian semacam ini tidak terulang.

    • Semoga keluhan saudara didengar aparat yang berwenang demi kenyamanan para pengunjung.

    • syahputra sapu jagad berkata:

      Kepada saudara slamet afif,
      kl boleh tau kejadian itu di kamar mandi yg sebelah mana? karna di lokasi ini banyak sekali kamar mandi umum dan banyak pula yg kepunyaan pribadi, harap dijelaskan dan siapa nama petugas itu serta ciri-ciri orang tersebut, terima kasih

      • Slamet Afif berkata:

        kamar mandi sebelah kiri masjid makam , satpam yang bernama Yd yang ada dipos satpam sebelah kiri depan masjid , insya Allah bulan mei 2013 saya membawa rombongan kembali 4 bus , dengan harapan semoga tidak lagi ketemu sama satpam yang ganas menakutkan itu.

      • Semoga rombongan saudara lebih menikmati pada kunjungan kali ini, saudara jangan menghindari dari satpam tersebut, PUSAKA JAWATIMURAN sarankan bila ke kamar kecil jangan sendirian, sebaiknya dengan beberapa orang.

  2. Slamet Afif berkata:

    kamar wc yang digebrag satpam persis samping mesjid makam, sebelah utara masjid makam, satpam yang bernama Yd, yang ada di pos satpam pojok kiridepan masjid, insya Allah bulan mei 2013 saya membawa rombongan kembali 4 bus, dengan harapan semoga tidak lagi ketemu sma satpan yang menakutkan, seandenya ketemu harapan pr Zairin satpam Yd tidak lagi bikin ulah yang menakutkan.

  3. bapak sama ibu saya mei tahun ini juga akan ziarah kemakam Mlk Ibrh Asmrqd apakah satpam itu masih ada ya? takutnya keduanya udah usia tua.

  4. syahputra sapu jagad berkata:

    Maaf saya baru bisa membalasnya sekarang krna kesibukan saya,
    Kami mohon maaf dg sikap oknum kami yg kurang berkenan di hati anda semua, kami sarankan apabila anda mau ke toilet pilih yg diluar masjid saja,masih banyak toilet yg di luar sana atau diutara musholla parkiran sebelah timur disitu di isi se ikhlasnya,
    Memang ada oknum kami yg ber inisial YD, dia angkatan baru dan masih butuh pengarahan, terima kasih.

  5. syahputra sapu jagad berkata:

    Untuk saudara pedro agus setiawan,, anda gk perlu khawatir atau takut, apabila anda berziarah dg kesopanan sesuai aturan berziarah saya yakin anda tidak akan mendapat teguran yg mungkin menyinggung dihati anda, saya yakin dimanapun tempatnya apabila cara bertamunya kurang sopan ataupun kurang memenuhi prosedur yg ada pasti sang tuan rumah akan tersinggung, dimanapun tempatnya. saya sendiri jg suka berziarah kemakam aulia,, dan yg terpenting adalah mematuhi peraturan yg ada.Jd laksanakan ibadah jangan takut dg apapun dan siapapun kecuali ALLAH SWT carilah ridho Tuhan, tetap patuhi aturan yg ada. ANDA SOPAN KAMI SEGAN.

    • Pedro agustiawan berkata:

      orang usia tua 65 thnan mana mungkin ngga sopan , kalau kekeliruan seharusnya satpam yang mengingatkan dengan cara yang baik, tidak dg gebrag2 pintu sama teriak2 kasar, ngacung2kan kepel, kejadian peziarah usia tua yang pada ketakutan oleh ulah stpm Yd itu sudah banyak, apakah orang usia tua keliru masuk kamar kecil menyinggung anda tuan rumah? apakah hal sepeti itu menjadikan anda tidak segan? Alloh saja memaafkan kepada hambanya yang keliru, anda melayani orang banyak mayoritas za’irin para usia tua seharusnya dengan penuh pengertian dan kesabaran. kekeliruan jangan dianggap tidak sopan dijadikan seperti musuh,

  6. masyarakat tuban asli berkata:

    BAPAK YANG MENGELOLA MAQOM SEMOGA DENGAN BANYAKNYA MASUKAN YANG MENGELUHKAN SATPAM YANG KURANG RAMAH COBA DI TEGUR LAH DARIN PIHAK PENGELOLA MAQOM SWUN………….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s